News Update :
Home » , » 10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia

10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia

10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia - Keberadaan jalan tol dapat meningkatkan efisiensi, mobilitas manusia, dan distribusi produk aneka industri. Pembangunannya yang terstruktur dan masif diyakini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Andai saja Gajah Mada, Patih Kerajaan Majapahit yang legendaris itu, masih hidup, mungkin dia akan bersedih melihat Indonesia saat ini. Dahulu, pemimpin pasukan Bhayangkara kebanggaan Majapahit itu memimpikan kemakmuran yang terbentang dari timur Sabang hingga barat Merauke, dari utara Miangas sampai selatan Pulau Rote tanpa terkecuali. Ia  bahkan rela berpuasa makan nikmat dan hanya mengonsumsi nasi dan garam saja hingga cita-cita luhurnya menyatukan Nusantara tercapai.

Kini, hampir tujuh abad pasca-berpulangnya patih karismatik itu, Indonesia yang makmur dan ideal rasanya masih jauh dari harapan. Masih banyak PR yang hingga kini belum terselesaikan dengan baik oleh lima presiden. Infrastruktur jalan bebas hambatan yang notabene menjadi salah satu indikator kemajuan negara, misalnya.

Sejak dimulainya proyek pembangunan tol Jagorawi yang menghubungkan Jakarta dan kotkota penyangga di sekitarnya pada tahun 1973, total panjang jalan bebas hambatan di Tanah Air masih 774  kilometer hingga akhir 2011 silam. Bandingkan dengan Malaysia. Pada tahun yang sama, mereka sukses membangun 31 ruas jalan tol yang total panjangnya mencapai 1.900 kilometer. Jalan tol di sana menghubungkan beberapa kota besar, yang dimulai dari Bukit Kayu Hitam (Perlis) yang berdekatan dengan wilayah Thailand Selatan, dan berakhir di Johor Baru (Johor) yang berdekatan dengan Singapura. Secara keseluruhan, jalan tol negeri jiran itu membentang di sepanjang Semenanjung Malaysia.

Menengok panjangnya jalan tol negara di seberang Selat Malaka itu tak ubahnya  seperti  pepatah, menepuk air di dulang terpercik muka sendiri. Malaysia sejatinya baru memulai merintis pembangunan dan pengembangan bisnis jalan bebas hambatan hampir empat tahun setelah Indonesia membangun tol Jagorawi. Ironisnya, dari proyek tol ini jualah, para kontraktor sipil mereka belajar bagaimana mereka membangun proyek serupa di sana.

Namun, bukan bangsa yang besar namanya jika lantas hanya bisa berpangku tangan sambil merenungi nasib karena silau melihat kesuksesan jirannya. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Februari lalu menargetkan adanya penambahan ruas jalan tol sepanjang 832,47 kilometer hingga 2014 mendatang. Dengan target itu, artinya panjang jalan tol yang bakal dioperasionalkan pada dua tahun mendatang menjadi 1.592,47 kilometer. “Kita harapkan pembebasan lahan bisa segera dituntaskan, agar target-target tersebut bisa sesuai rencana,” ujar Kepala BPJT Achmad Gani Gazaly.

Seperti apa kira-kira realisasi dari itu semua, sangat menarik untuk dinanti. Mengapa? Karena, bagaimanapun juga, keberadaan jalan bebas hambatan dapat meningkatkan efisiensi, mobilitas manusia, dan berbagai produk industri, produk pertanian, serta barang modal. Dan, esensi itu baru mampu dieksekusi oleh negara-negara raksasa seperti Amerika Serikat, Rusia, Australia, dan Cina. Buktinya, jalur-jalur bebas hambatan terpanjang di dunia banyak dibangun di sana. Apa saja jalur yang dimaksud? Berikut informasinya.

1. Pan American Highway

Inilah jalan tol terpanjang di dunia yang terbentang dari Alaska di bagian utara Amerika menyusuri Meksiko hingga berakhir di bagian selatan Cile, negara di ujung Amerika Selatan. Tidak kurang dari 25 negara, 17 di antaranya ibu kota negara-negara Amerika Latin, dilalui oleh jalur bebas hambatan yang total panjangnya mencapai 47.516 kilometer ini. Bagi sebagian warga di Amerika Latin, Pan American Highway tak ubahnya jalan sutra Amerika karena jalur ini menghidupkan akses ekonomi antar-negara-negara di benua itu.

2. Australia’s Highway

Seperti halnya Pan American Highway, jalan bebas hambatan yang beroperasi di benua paling selatan di dunia ini, Australia, sejatinya adalah sistem atau kesatuan jalan-jalan yang membentang mengelilingi seluruh negara bagian Australia. Tidak kurang dari satu juta orang menggunakan jalan tol dengan panjang mencapai 14.500 kilometer ini untuk aktivitas mereka sehari-hari.
Sejak tahun 1955, Administratur Rute Nasional Australia melahirkan terobosan sistem penomoran jalur antar-negara bagian untuk mempermudah pengaturan lalu lintas. Jalur Sydney-Melbourne adalah jalur yang mendapatkan kehormatan menyandang identitas jalur Highway 1. Tidak hanya itu, jalur ini juga dikenal sebagai  jalur Prince of Wales. Pemberian nama itu sebagai wujud penghormatan kepada Pangeran Wales yang pernah berkunjung ke sana pada  tahun 1920-an.

3. Trans Siberian Highway
Setelah Amerika dan Australia, Rusia ternyata juga memiliki jalan tol panjang yang layak dibanggakan ke hadapan komunitas global. Adalah Trans Siberian Highway, jalan tol yang terbentang menghubungkan Rusia bagian utara hingga menuju bagian tenggara negara itu yang berbatasan dengan Laut Jepang dan Samudra Pasifik. Panjang jalan bebas hambatan ini mencapai 11.000 kilometer. Dua kota yakni St.  Petersburg dan Vladivostok menjadi dua ikon kota yang menghubungkan awal dan akhir jalan tol kebanggaan Negara Beruang Merah itu.

4. Trans Canada Highway
Negeri jiran di sebelah utara Amerika ini tidak mau kalah dalam hal pembangunan jalan  bebas hambatan. Negeri berlambang daun mapel ini memiliki Trans Canada Highway yang tidak lain adalah jalur tol terintegrasi modern yang menghubungkan Vancouver, British Columbia, hingga berakhir di St. John's, Newfoundland. Tidak kurang dari satu windu dibutuhkan untuk membangun jalan tol yang melalui 10 provinsi dan 5 zona waktu ini.

5. Route Six Highway
Negara yang besar adalah negara yang arif menghargai sejarahnya. Amerika, yang merdeka pada tahun 1776, bisa menjadi contoh betapa mereka begitu menghargai jasa para bapak bangsanya. Penghargaan kepada para sosok besar itu bisa dilihat dari diabadikannya George Washington (presiden pertama AS) di lembaran uang dolar mereka. Hal lain juga dapat diabadikan dengan menyematkan identitas jalan tol.
Route Six Highway adalah jalan bebas hambatan yang beruntung menyandang identitas nama besar tokoh Amerika, Franklin Delano Roosevelt. Jalan ini kali pertama dibangun pada tahun 1925 sebagai respons atas kian menggeliatnya ekonomi Negeri Abang Sam, khususnya di pantai timur Amerika sebagai kota tujuan bisnis dunia. Jalan tol ini memiliki panjang 5.158 kilometer yang bermula dari Massachusetts menuju Brewster, New York.

 6. Interstate 90 Highway
Masih dari Negeri Abang Sam, jalan tol terpanjang di dunia dibangun untuk meningkatkan efisiensi, mobilitas manusia, dan distribusi produk aneka industri. Jalan bebas hambatan ini adalah salah satu jalan terpanjang antar-negara bagian yang ada di negeri Barack Obama itu. Jalurnya membentang sepanjang 4.987 kilometer menghubungkan Seattle di Pantai Barat Amerika hingga Boston, negara bagian di Pantai Timur Amerika.

7. Interstate 80 Highway
Duduk di posisi ketujuh sebagai jalur tol terpanjang di dunia adalah Interstate 80 Highway. Seperti halnya jalur bebas hambatan lainnya di Negeri Abang Sam, jalur tol ini juga menghubungkan Pantai Timur Amerika dan Pantai Barat Amerika. Berbeda dengan saudara tuanya Interstate 90 Highway, Interstate 80 Highway menghubungkan San Francisco, California, menuju Teaneck, New Jersey, yang panjangnya mencapai 4.666 kilometer.

8. The Tarim Desert Highway
Inilah jalan tol terpanjang di Asia. Pemiliknya tidak lain adalah raksasa baru ekonomi dunia, Cina. Jalur tol di Negeri Tirai Bambu ini membentang dari arah utara ke selatan Cina sepanjang 998 kilometer. Titik nol atau awal dari jalan tol ini terletak di kota Tarim yang kaya akan minyak. Bukit-bukit, padang pasir, dan kawasan kering tanpa penghuni menjadi lanskap yang akan kita lihat jika melintasi jalur bebas hambatan The Tarim Desert Highway.

 9. MacDonald Cartier Freeway
Amerika Serikat memang negara adidaya. Kekuataan ekonomi  negara itu tidak lepas dari tingginya mobilitas produksi dan jasa setiap negara bagian dan lancarnya distribusi menuju tiap-tiap negara bagian. Salah satu faktor penunjang mengalir-lancarnya distribusi adalah adanya jalan tol MacDonald Cartier Freeway. Jalur tol ini dibangun pada tahun 1938 untuk menghubungkan kota otomotif kebanggaan, Detroit,  menuju Quebec yang berjarak 817 kilometer.

10. Highway 409

Setelah Route Six Highway, Interstate 90 Highway, dan Interstate 80 Highway, Amerika Serikat juga masih memiliki jalur tol kebanggaan lainnya yaitu Highway 409 yang dibangun di kota Ontario. Panjang jalan bebas hambatan ini mencapai 500 kilometer. Umumnya warga kota Ontario menggunakannya sebagai jalur utama menuju Bandara Internasional Ontario (ONT) karena ini adalah jalan tercepat dibandingkan jalan raya umumnya yang kerap terjadi kemacetan seperti di Jakarta.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

18 Oktober 2018 pukul 17.42

Thanks for info, kunjungi website kami juga ya https://bit.ly/2ylC3uW

Posting Komentar

 
Presented by 1ndonezia | Support by Creating website | Powered by Blogger