News Update :
Home » , , » 5 Sejarah Singkat Peradaban Islam Di Dunia

5 Sejarah Singkat Peradaban Islam Di Dunia

Islam sebagai yang lain juga mengalami pasang surut dalam peradabannya. Di suatu masa Islam mengalami masa keemasan, di saat lain juga mengalami kemunduran. Berikut ini 5 jaman peradaban islam yang moga moga bisa menambah keimanan kita akan kebenaran islam sebagai agama rahmatan lil allamin:

1. Jaman kenabian. Nabi pertama adalah nabi Adam. Tugasnya yang paling pokok adalah meneruskan atau memperbanyak keturunan. Sedangkan khataman nabiyyin atau nabi penutup adalah nabi Muhammad saw. Diantara keduanya tercatat kurang lebih 124 para nabi dan rosul telah dikirim ke dunia ini.

2. Jaman Kekhalifahan. Setelah Nabi Muhammad wafat, umat islam sepakat untuk memilih Abu bakar sebagai khalifah pertama. Setelah itu berturut-turut Umar bin khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin abi thalib memegang jabatan khalifah.  Setelah itu  berubahlah sistem pemerintahan menjadi sistem kerajaan.

3. Jaman Mulk atau kerajaan. Kerajaan pertama dipimpin oleh Bani Umayyah, dengan diangkatkan Muawiyah sebagai pemimpin kerajaan. Setelah lah muncul erajaan bani Abbasyiah dan terakhir adalah kerajaan turki Utsmani.

4. Jaman Jababirah atau demokrasi. Mustafa Kemal Attaturk menghapus sistem kesultanan dan menyatakan turki Utsmani menjadi sebagai sebuah Republik. Dengan demikian berakhirlah era  pemerintahan Kerajaan Turki Utsmani dan muncullah jaman demokrasi. Jika sebelumnya dalam era kerajaan, kekuasaan mutlak ada di tangan raja, ketika era demokrasi muncul keputusan didasarkan kepada suara terbanyak. Di jaman ini banyak muncul gesekan antar kelompok beradu kuat untuk mempengaruhi keputusan pemerintahan.

5.Jaman kembalinya keemasan Islam seperti jaman kekhalifahan. Sebelum hari kiamat, islam akan memasuki lagi era keemasan sebagainya dulu dipimpin para sahabat nabi. Prinsip keadilan, dan hukum akan ditegakkan dengan benar.Pada saat itu orang akan meyakini islam sebagai sistem nilai yang paling sesuai dengan jaman dan akan kembali kepada islam. Semoga informasi tentang sejarah peradaban islam di dunia ini bisa menambah referensi kita Amin.
Share this article :

Posting Komentar

 
Presented by 1ndonezia | Support by Creating website | Powered by Blogger